09/08/2022

Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Utara Polres Sinjai dan Babinsa Bantu Warga Bersihkan Irigasi

POLRESSINJAI.COM – Sinjai Utara, Bhabinkamtibmas dan Babinsa meninjau dan memantau laporan masyarakat mengenai adanya warga yang menutup saluran air irigasi di Perumahan Tangka Mas jalan Sungai Tangka Kelurahan Balangnipa. Selasa (21/04/2020).

Menindak lanjuti laporan masyarakat tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Utara Polres Sinjai Briptu Ahsan bersama Lurah Balangnipa dan Babinsa meninjau langsung lokasi penutupan saluran air oleh warga. Melihat ada beberapa titik penutupan saluran air yang dilakukan warga sehingga Bhabinkamtibmas bersama Babinsa dan warga lainnya melakukan kerja bakti agar air irigasi kembali lancar.

Ada warga yang keberatan atas dilakukannya pembersihan irigasi karena menurut warga tersebut limbah air irigasi dari Perumahan Tangka Mas akan mencemari sumurnya yang berada dekat dari saluran air kalau penutupnya di buka. Bhabinkamtibmas memberikan penjelasan kalau saluran tersebut ditutup akan berdampak ke warga lainnya karena limbah sampah dan air tergenang akan tersumbat dan berbau, sehingga akhirnya warga tersebut dapat memahami.

Kepala lingkungan ditemui di tempat yg sama juga menyarankan agar dilakukan gotong royong bersama masyarakat lainnya, karena melihat situasi dan kondisi irigasi memang sudah banyak yang tersumbat sehingga mengakibatkan air tergenang dan tidak mengalir. Agar dilakukan gotong royong untuk menggali tanah yang menghalangi air mengalir.

Pada saat itu kepala lingkungan menyampaikan kepada warga bahwa akan melakukan gotong royong minggu ini dengan menyampaikan kepada warga sekitar dan warga dari Perumahan Tangka Mas karena limbah sampah berasal dari pemukiman Perumahan Tangka Mas.

(Humas Polres Sinjai)