03/12/2020

Kapolres Sinjai Hadiri Rakor Tindak Lanjut Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sinjai

POLRESSINJAI.COM Sinjai – Bertempat di Posko Induk Covid-19 (Gedung Pertemuan Sinjai), Jalan Persatuan Raya Kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara Kabupaten Sinjai, Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Iwan Irmawan, S.Ik.,M.Si menghadiri Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 di Kabupaten Sinjai, Kamis (16/7/2020).

Rapat dipimpin langsung oleh Bupati Sinjai Andi  Seto Gadhista Asapa,S.H.,LLM selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sinjai dan diikuti pula oleh Hj. A.Kartini Ottong S.P, M.SP (Wakil Bupati Sinjai), Letkol Inf.Oo Sahrojat S.Ag,M.Tr (Han) (Dandim 1424/Sinjai), Arif Rahman S.H, M.H (Kasi Pidsus Kejari Sinjai) mewakili Kajari Sinjai, Dr. H. Muchlis Isma M.Si (Asisten 1 Setda Kab. Sinjai), drg. Farina Irfani, M.Si (Plt.Kadis Kes Sinjai) dan para Kepala OPD Sinjai

Dalam kegiatan tersebut mengagendakan pembahasan bahwa kasus positif  Covid-19 di Kabupaten Sinjai secara kumulatif terkonfirmasi adalah 99 kasus dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 59 orang, sementara yang masih menjalani isolasi /dirawat adalah 40 orang.

Adapun pedoman terbaru tentang Covid-19 dari Kementerian Kesehatan yakni Definisi operasional tidak ada lagi ODP, PDP yang ada suspek dan probable.

Tingkat penularan dibagi menjadi tidak ada kasus, kasus sporadis, kasusklaster dan penularan komunitas.

Kriteria selesai isolasi yang baru selesai isolasi apabila memenuhi salah satu kriteria yaitu Kasus konfirmasi tanpa gejala (asimptomatik) yang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR dengan ditambah 10 hari isolasi mandiri sejak pengambilan spesimen diagnosis konfirmasi.

Kasus probable/kasus konfirmasi dengan gejala (simptomatik) yang tidak dilakukan pemeriksaan follow up RT-PCR dihitung 10 hari sejak tanggal onset dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

“Kasus probable/kasus konfirmasi dengan gejala (simptomatik) yang mendapatkan hasil pemeriksaan follow up RT-PCR 1 kali negatif, dengan ditambah minimal 3 hari setelah tidak lagi menunjukkan gejala demam dan gangguan pernapasan.

Adapun terminologi kasus Covid-19 terbaru diantaranya Kasus Suspek, Kasus Probable, Kasus Konfirmasi, Kontak Erat, Pelaku Perjalanan, Discarded, Selesai Isolasi, dan Kematian.

( Humas Polres Sinjai )