27/11/2020

Kapolres Sinjai Dampingi Bupati Sambut Kedatangan Menteri Pertanian RI

Sinjai – Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Iwan Irmawan, S.Ik., M.Si bersama forkopimda dampingi Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa,SH.,LLM sambut kedatangan Menteri Pertanian RI DR. H. Syahrul Yasin Limpo, MH.,M.Si diKabupaten Sinjai.
Kedatangan Menteri Pertanian RI diKabupaten Sinjai dalam rangka panen padet dan lelang sapi 1 B dirangkaikan dengan pelantikan pengurus Kwartir cabang gerakan Pramuka Sinjai masa Bakti 2019- 2024, bertempat di lapangan Sinjai bersatu jalan tondong, Kelurahan Biringire,  Kec. Sinjai Utara, Kab. Sinjai.
Dalam kegiatan tersebut, sambutan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM yang mengawali dengan mengucapkan terima kasih  yang sebesar-besarnya kepada bapak kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan motivator inspirator kita dalam setiap karya dan upaya dalam mewujudkan cita-cita mulia para pendiri bangsa yang kita cintai bersama bapak Menteri Pertanian Republik Indonesia beserta rombongan sudah sempatkan waktunya untuk hadir di kabupaten Sinjai dalam memperkuat perekonomian masyarakat kabupaten Sinjai sekaligus telah melantik kepengurusan gerakan Pramuka kwartir cabang kabupaten Sinjai masa bakti 2019-2024.
“Insyaallah Bupati Sinjai akan berusaha bekerja secara maksimal dan kreatif dalam mengembangkan setiap inovasi- inovasi  dalam menjalankan tugas dan amanatnya sedikit kami sampaikan kepada bapak menteri bahwa pemerintah kabupaten Sinjai sementara membangun sebuah lokasi perkemahan di atas lahan yang luasnya sekitar 1 hektar yang berada di kawasan taman hutan raya Abdul Latif di desa batu belerang kecamatan borong.
“Atas nama pemerintah dan masyarakat kabupaten Sinjai kami tentu berharap dukungan dan perhatian baik pemerintah Provinsi pemerintah pusat untuk mensukseskan lahan perkemahan ini yang nantinya akan digunakan sebaik-baiknya untuk pengembangan karakter mental anak didik dalam gerakan Pramuka. Dan dari hasil riset live score city ternak maka Kabupaten Sinjai merupakan daerah dengan kepadatan ternak tertinggi di Sulawesi Selatan yaitu rata-rata terdapat 173 ekor sapi dalam 1 km persegi nilai ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan kabupaten Bone yang memiliki populasi terbanyak di Sulawesi Selatan tetapi apabila dibandingkan dengan luas wilayah keseluruhan maka hanya terdapat 104 ekor sapi dalam per 1 Km persegi tentu tak lepas dari karya dan upaya bapak menteri sewaktu menjabat sebagai Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan dan berhasil mewujudkan Sulawesi Selatan sebagai ladang pangan nasional
Kemudian program upaya khusus sapi dan kerbau indukan wajib bunting atau upsus tahun 2017-2019 di tahun 2020 ini kita tentu semakin optimis terwujudnya Indonesia sebagai ladang pangan Asia tahun 2045.
Selanjutnya sambutan Menteri Pertanian RI yang intinya menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah para Forkominda, para pejabat, masyarakat, TNI-Polri yang telah menyambut dengan baik saya selaku Menteri Pertanian akan mencanangkan acara panen padet dan lelang sapi dikabupaten sinjai.
“Kemudian dalam pelantikan kwartir pramuka Cabang Sinjai periode 2019-2024 sangat berharap kepada para pengurus dan ketua, kita bersama- sama melakukan upaya penguatan pangan sangat terkait keterkaitan nya adalah keterpanggilan kemanusiaan keterpanggilan atas nama kehidupan kebangsaan Indonesia atas nama sesama orang Sinjai dan keterpanggilan kita sebagai siapapun kita yang harus bisa mengabdi sebagai hamba Allah SWT 
“Dengan melihat situasi sekarang banyak sekali orang yang di PHK dikarenakan adanya virus Covid 19 yang mempengaruhi perekonomian oleh karena itu mari menciptakan pertanian maupun peternakan yang mandiri.
Adapun Jenis- jenis bantuan Menteri Pertanian diantaranya Program bantuan senilai Rp 10.869.007.284, bantuan benih padi hibrida, bantuan benih jagung hibrida, bantuan benih jagung hibrida bantuan benih – bantuan benih bawang merah, bantuan benih bawang putih, bantuan benih kentang, bantuan bibit manggis, bantuan seler mobile pemipil jagung, bantuan pengembangan irigasi perpompaan, bantuan pembangunan embung, bantuan rehabilitasi jaringan irigasi tersier, serah terima klaim asuransi usaha ternak sapi sebesar Rp. 10.000.000, penyerahan bantuan ternak kambing sebanyak 50 ekor, penyerahan polis asuransi usaha ternak sapi 2.872 Ekor dan penyerahan bantuan obat-obatan.
Kegiatan kunjungan kerja Menteri Pertanian RI adalah sebagai bentuk perhatian kepada masyarakat kabupaten Sinjai untuk meningkatkan kesejahteraan sosial.
Kegiatan diamankan Polres Sinjai dibantu oleh instansi terkait diantaranya Kodim 1424 Sinjai, Sat Pol.PP dan Dinas Perbuhungan.