02/12/2020

Kegiatan Balla Ewako, Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Borong Polres Sinjai Tinjau Pembangunan Program Pertashop Desa

POLRESSINJAI.COM Sinjai – Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Borong Polres Sinjai Brigpol Danial Sartika, meninjau progres pembangunan Pertashop Desa di Dusun Maccini Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong Kabupaten Sinjai, Sabtu (8/8/2020).

Pembangunan Pertashop Desa ini merupakan tindak lanjut dari Mou (Momerandum of undersatanding) / Nota Kesepahaman antara Kemendagri dengan Pertamina, tentang program dukungan pemerintah dan masyarakat desa dalam peningkatan dan pengembangan program Pertashop di Desa.

Sebelumnya telah dilakukan ferivikasi data desa dan diketahui terdapat sekitar 3.827 Kecamatan yang ada di Republik Indonesia yang belum mempunyai akses SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum), Oleh karena itu pada tahap awal sebagai crash program, diluncurkan pembangunan pertashop di 418 titik di seluruh Indonesia.

Untuk Sulawesi Selatan, Kabupaten Sinjai merupakan salah satu Kabupaten yang masuk dalam crash program tersebut. Adapun Desa di Kabupaten Sinjai yang mendapatkannya yaitu Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong dan Desa Lamatti Riaja Kecamatan Bulupoddo.

Dalam kesempatan tersebut, Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Borong Polres Sinjai Brigpol Danial Sartika bertemu Kades Bonto Tengnga Kaswan.M serta beberapa warga yang ada di tempat tersebut dan menyampaikan bahwa semoga keberadaan Pertashop ini nantinya dapat membantu memudahkan warga dalam mendapatkan BBM, meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pembangunan ekonomi desa.

Mengingat SPBU yang menyediakan BBM jenis Pertamax ini nantinya setelah beroperasi, 3 bulan awal akan dikelola oleh Pertamina. setelah itu selanjutnya pengelolannya akan diserahkan ke Bumdes (Badan Usaha Milik Desa).