25/11/2020

Kapolsek Sinjai Tengah Polres Sinjai Hadiri Pertemuan Pemutakhiran DTKS Kecamatan Sinjai Tengah

Sinjai – Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Sinjai Tengah berlangsung kegiatan pertemuan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahtraan Sosial ( DTKS) untuk wilayah Kecamatan Sinjai Tengah Kabupaten Sinjai yang turut di hadiri Kapolsek Sinjai Tengah Polres Sinjai Akp Sunyoto, S.Sos, Selasa (1/9/2020).

Hadir dalam giat tersebut Asisten 1 Pemkab Sinjai Dr.H.Muchlis Isma, Kadis Sosial Kabupaten Sinjai yang diwakili oleh A.Idnan S.Sos M.Si, Kadis PMD Kabupaten Sinjai diwakili oleh A.Khaeruddin M.Si, Camat Sinjai Tengah Muh Jufri S.Sos, Danramil Sinjai Tengah Kapten Inf. Muh Sain, para Kepala Desa/lurah Sekec Sinjai Tengah, para Ketua BPD Kecamatan Sinjai Tengah, para Kaur kesra Desa/Kel Kecamatan Sinjai Tengah, dan TKSK Kecamatan Sinjai Tengah Trisilawati.

Menurut yang mewakili Kadis Sosial bahwa pertemuan ini membahas data DTKS yang akan dimutakhirkan untuk tahun 2011 dan 2015, dimana pemutarakhiran tersebut akan diawali oleh Pemerintah Desa/kelurahan membentuk petugas pencacah dan pengawas didesa/kel masing-masing.

Petugas yang telah dibentuk akan melakukan pencacahan selanjutnya akan dilakukan musyawarah desa, data yang telah dimusdeskan dibuat dalam berita acara kemudian diusulkan kekabupaten dalam hal ini dinas sosial dan setelah divalidaisi kemudian diusulkan kepusat yaitu Kementerian Sosial dan Kementerian Sosial akan melakukan validasi untuk dijadikan DTKS, tutur A. Idnan, S.Sos., M.Si.

Sementara Kapolsek Sinjai Tengah Polres Sinjai Akp Sunyoto, S.Sos berharap dengan pelaksanaan pemutakhiran data terpadu kesejahtraan sosial (DTKS) tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pemutakhiran data yang semakin baik dan program penanganan kemiskinan semakin tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan polemik dimasyarakat dengan munculnya istilah bantuan tidak tepat sasaran.

Lebih lanjut Kapolsek Sinjai Tengah mengatakan proses pendataan tidak akan optimal apabila petugas pencacah serta pengawas yang dibentuk oleh kepala desa tidak memiliki dedikasi yang tinggi dalam bekerja serta masyarakat yang didata tidak memberikan informasi yang jujur kepada petugas pencacah, pungkas AKP Sunyoto, S.Sos.