03/12/2020

Personel Polsek Sinjai Barat Intensifkan Patroli Bersama, Cegah Karhutla di Kawasan Hutan Musim Kemarau

Sinjai – Salah satu upaya cegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah kawasan hutan maupun lahan masyarakat, Polsek Sinjai Barat tingkatkan patroli kawasan hutan yang ada di wilayah kecamatan Sinjai Barat.

“Seperti terlihat yang dilaksanakan oleh bhabinkamtibmas desa turunan Baji Brigadir Ilham Nur di Dusun Sapoberu dan dusun kampala Desa Turungan Baji. (21/10/2020).

Di musim kemarau ini memang kawasan hutan di Kec. Sinjai Barat ini cukup kering dan banyak daun berguguran sehingga sangat rawan terjadinya kebakaran. Pihak kepolisian peduli lingkungan, saat ini sudah berupaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dengan cara patroli rutin dan juga meminta warga untuk tidak membuang benda – benda yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

Kegiatan patroli ini bertujuan untuk mencegah terjadinya aksi ilegal loging serta untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla atau kebakaran hutan dan lahan. Dengan upaya yang sudah dilaksanakan oleh Polsek Sinjai Barat ini diharapkan tidak terjadi kebakaran hutan sehingga lingkungan tetap terjaga. 

Mari bersama-sama mencegah terjadinya kebakaran hutan dengan cara tidak membuka lahan dengan membakar dan juga jangan melakukan tindakan-tindakan yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan. Apabila terjadi kebakaran hutan segera laporkan kejadian tersebut kepada Pihak Desa aparat kepolisian atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa untuk segera dilakukan Tindakan awal ,” Ucap Bhabinkamtibmas.

Sementara itu Kapolsek Sinjai Barat Polres Sinjai AKP.Kasri, S.H mengatakan bahwa, ” Kami telah memerintahkan beberapa anggota untuk Berkomunikasi dengan Pihak Desa , Koramil dan Polhut agar rutin melaksanakan patroli sekaligus dialogis dengan masyarakat agar selalu peduli dengan kelestarian alam di lingkungan masing-masing sehingga tidak melakukan aktifitas yang dapat memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan, seperti yang dilakukan Bripka Suardi Di desa Arabika dan Brigadir Ilham Nur di Desa Turungan Baji” tuturnya.