15/04/2021

Kapolres Sinjai Hadiri Rapat Paripurna DPRD dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Sinjai Ke -457

Sinjai – Bertempat Kantor DPRD Sinjai, Kepala Kepolisian Resor Sinjai Ajun Komisaris Besar Polisi (Akbp) Iwan Irmawan, S.Ik.,M.Si menghadiri Rapat Paripurna DPRD Sinjai dalam rangka hari jadi Kabupaten Sinjai yang ke-457 Tahun 202, dengan tema “Bangkit bersama untuk Sinjai Sehat dan Maju Masyarakat Sejahtera”. Sabtu (27/2/2021) pukul 13.30 wita.

Kegiatan tersebut dihadiri pula oleh Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaeman.ST, Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,L.LM Wakil Bupati Sinjai Hj. Andi Kartini Ottong,SP.,MP Ketua DPRD Sinjai Drs. Lukman Arsal, unsur forkopimda, para Kepala OPD dan Anggota DPRD Sinjai.

Sambutan Ketua DPRD Sinjai yang intinya menyampaikan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Sinjai tahun ini berbeda dengan Peringatan tahun lalu yang mana tahun sebelumnnya ada banyak agenda kegiatan yang dilaksanakan namun pelaksanaan kali ini dilakukan secara virtual langsung terbatas sebagai bentuk kedisiplinan bersama guna mencegah penyebaran Covid-19. Meski demikian Pelaksanaan HUT Sinjai ke 457 tetap kita laksanakan dan merupakan momentum dan peristiwa bersejerah bagi kita semua. 

Bupati Sinjai dalam sambutannya yang menyampaikan bahwa peringatan hari jadi Sinjai yang ke-457 tentu terasa sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dimana kita bisa melaksanakan berbagai event perayaan dalam menyambut hari jadi Sinjai dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat Sinjai.  

“Sehubungan dengan pandemi covid-19 yang mengharuskan kita untuk menjaga protokol kesehatan, sehingga melalui kesempatan ini saya sampaikan permohan maaf kepada seluruh warga masyarakat Sinjai karena momentum pelaksanaan Hari Jadi Sinjai pada tahun ini tidak dapat dilaksanakan secara meriah seperti biasanya. 

“Perayaan Hari Jadi Sinjai merupakan wujud penghormatan dan kecintaan kita terhadap keluhuran budaya daerah yang kita cintai ini. Dan pandemi Covid-19 telah merubah banyak sendi-sendi kehidupan dan mempengaruhi kebijakan dan fokus kita dalam prioritas pembangunan ke depan 

“Upaya kita dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sinjai juga telah dilaksanakan dengan membentuk satgas Covid-19 secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten sampai ditingkat desa/kelurahan.

“Dalam menunjang sektor perekonomian, Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai senantiasa berkomitmen untuk terus berfokus pada pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. “Mari berbuat yang terbaik untuk Sinjai yang kita cintai, bukan untuk sekedar membangun nama besar dan kebanggaan, atau sekedar mewariskan kejayaan untuk generasi mendatang.

Sambutan Wakil Gubernur Sulsel yang mengapresiasi peringatan Hari Jadi Sinjai yang digelar sederhana secara virtual dan langsung terbatas. “Tahun ini saya ingin tekankan kembali bahwa, Pemprov serius membangun sinergi dengan pemerintah Kab/kota, termasuk kabupaten Sinjai khususnya dalam pemulihan ekonomi dengan pembangunan kawasan wisata khusus dan pemanfaatan potensi daerah. 

“Sektor pertanian, yang menjadi penopang perekonomian sebagai besar masyarakat Sinjai, juga menjadi skala prioritas Pemprov Sulsel. Selain potensi pertanian, Sinjai juga memiliki potensi peternakan. Hal ini tentu sejalan dengan tujuan Sulsel menjadi lumbung daging Nasional pada 2021. Berdasarkan jumlah populasi, Sinjai menduduki urutan ketiga setelah Bone dan Gowa. 

“Tahun 2022 nanti, Sinjai akan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda). Hal ini tentu tidak mudah, dibutuhkan kesiapan dari berbagai hal baik fasilitas maupun anggaran. 

“Terkait dengan vaksinasi, sebagai wujud upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19, pada bulan ini kami sedang melakukan vaksinasi bagi para nakes, TNI, dan Polri. Insya Allah, setelah tahap pertama ini selesai, kita akan melanjutkan vaksinasi tahap kedua yang dimana penerimanya akan diprioritaskan untuk profesi tertentu yang memang rentan penularan seperti para tenaga pendidik, pelayan publik, pelaku sektor pariwisata, pedagang pasar, dan lainnya. 

Lanjut pada pukul 14.50 wita, dilakukan penandatanganan prasasti peresmian kegiatan pembangunan Kabupaten Sinjai  tahun 2020 dan Penyerahan penghargaan atas prestasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Selain itu, dilakukan pula Penyerahan bantuan CSR Bank Sulselbar, Bantuan etalase booth untuk pelaku UMKM di Tongke Tongke dan penyerahan secara simbolis berupa 1 unit mobil ambulance untuk Baznas Kabupaten Sinjai.