28/09/2022

Hari Ke-3 Tes Kesemaptaan Jasmani Berkala II Tahun 2022, di Mapolres Sinjai.

Sinjai – Bertempat dihalaman Mapolres Sinjai, setelah pelaksanaan apel pagi kembali dilaksanakan kegiatan lanjutan Tes Kesemaptan Jasmani Berkala II Tahun 2022 yang sudah memasuki hari ke- 3 (tiga). Rabu (24/8/2022).

Kegiatan yang merupakan rengiat Bagian SDM Polres Sinjai untuk mengukur kekuatan stamina dan ketahanan fisik personil atau yang biasa disebut Tes Kesamaptaan Jasmani (TKJ).

Tes kesamaptaan jasmani dibagi dalam beberapa tahapan, mulai dari Lari selama 12 menit dihalaman Mapolres Sinjai, Pull-up, Push-up, Sit-up, dan Shuttle-run.

Tes yang dilaksanakan sejak hari Senin tanggal 22 Agustus 2022 dan akan berakhir hari ini (24/8), dan akan dilanjutkan dengan ujian bela diri yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal (25 S/d hari Jum’at tanggal 26 Agustus 2022 yang wajib diikuti seluruh personel Polres Sinjai.

Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.Ik.,M.Si melalui Kabag Sumda Polres Sinjai Kompol Syukur Risbiyanto,S.Pd mengatakan bahwa kegiatan Tes Kesemaptaan Jasmani berguna untuk mengevaluasi sampai sejauh mana kemampuan fisik dan kesehatan anggota, baik Polri maupun ASN yang berdinas di Polres maupun Polsek jajaran Polres Sinjai.

Kabag SDM menambahkan, bahwa sebelum dilaksanakan tes kesemaptaan jasmani seluruh personil juga diharuskan untuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan oleh tim dari Dokkes Polres Sinjai, hal ini dilakukan guna mengetahui kesehatan dan kesiapan dari anggota.

“Tes kesamaptaan jasmani ini rutin dilaksanakan setiap 6 bulan atau per semester, dan pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani digelar selama tiga hari dan hari Kamis besok dan Jum’at akan dilanjutkan dengan tes bela diri yang merupakan rangkaian dari tes kesemaptaan jasmani.

Kabag SDM Polres Sinjai menambahkan, bahwa maksud dari pengaturan jadwal pelaksanaan tes kesemaptaan jasmani supaya tidak mengurangi atau mengganggu kegiatan lainnya yang berhubungan dengan tugas operasional maupun pelayanan kepada masyarakat dari anggota yang bertugas di masing- masing satuan fungsi ataupun anggota yang bertugas di Polsek, dengan harapan tetap terjaganya kondisi fisik yang prima sebagai pendukung pelaksanaan tugas di lapangan. Pungkasnya.