28/02/2021

Lawan Corona, Pemerintah Siapkan 5 Juta Avigan dan Chloroquine

loading…

JAKARTA – Pemerintah telah menyiapkan obat untuk penanganan pasien positif Corona atau COVID-19. Obat tersebut adalah Avigan dan Chloroquine.

“Pemerintah juga menyiapkan obat dari hasil riset dan pengalaman beberapa negara agar bisa digunakan untuk mengobati COVID-19 ini sesuai resep dokter,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat konfrensi pers, Jumat (20/3/2020). (Baca juga: Virus Corona Terus Menyebar, 369 Terinfeksi dan 32 Meninggal Dunia)

Jokowi mengakui hingga kini antivirus untuk Corona belum ditemukan. Namun obat tersebut sudah digunakan oleh beberapa negara. Dia minta kepada BUMN farmasi yang memproduksi ini untuk memperbanyak produksinya.

Baca Juga:

“Obat ini sudah dicoba oleh satu dua tuga negara dan memberikan kesembuhan yaitu avigan. Kita telah mendatangkan 5000 akan kita coba. Dalam proses pemesanan 2 juta. Kemudian yang kedua Chloroquine ini kita telah siap 3 juta. Kecepatan ini yang ingin saya sampaikan bahwa kita tidak diam. Tetapi mencari hal-hal, informasi-informasi apa yang bisa kita agar dapat menyelesaikan covid-19 ini,” tuturnya.

Dia mengatakan, obat tersebut akan segera sampai kepada pasien positif corona. Baik melalui fasilitas kesehatan maupun jemput bola.

“Obat tersebut akan sampai kepada pasien yang membutuhkan melalui dokter keliling dari rumah ke rumah, melalui rumah sakit dan puskesmas di kawasan yang terinfeksi,” tuturnya.

(dam)