28/11/2020

Kanit Binmas Polsek Sinjai Barat Polres Sinjai Hadiri Giat Pemutakhiran DTKS

Sinjai – Kanit Binmas Polsek Sinjai Barat Polres Sinjai Bripka Fajar, S.Sos menghadiri Giat Pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) di Aula Kantor Camat Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, Selasa (01/09/2020) siang.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Sinjai DR. H. Mukhlis Isma, SE, M.Si., Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sinjai Drs. H. Muhammad Irfan, M.Si., Sekretaris PMD Kabupaten Sinjai Andi Khaeruddin, M.Si., Camat Sinjai Barat A.Paris, A.Ks., Sekcam Sinjai Barat Andi Nasrun, S.IP. dan Para Lurah/Kepala Desa Sekecamatan Sinjai Barat.

Menurut Asisten Pemerintahan Kabupaten Sinjai Dr.H.Mukhlis Isma SE,M.Si mengatakan bahwa kegiatan ini
Merupakan kebijakan strategis sebagai upaya agar program penurunan jumlah penduduk miskin lebih tepat sasaran, Pemutakhiran dilakukan oleh Pemerintah Daerah secara berkala paling sedikit 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun. Tujuannya agar penyaluran Bansos dapat lebih tepat sasaran dan tepat guna ungkapnya.

Selanjutnya DTKS juga digunakan untuk memperbaiki kualitas penetapan sasaran program-program perlindungan sosial, DTKS membantu perencanaan program, memperbaiki penggunaan anggaran, dan sumber daya program, perlindungan sosial dengan menggunakan data dari DTKS, jumlah dan sasaran penerima manfaat program dapat dianalisa sejak awal perencanaan program. Hal ini akan membantu mengurangi kesalahan dalam penetapan sasaran program perlindungan sosial.

Pada kesempatan tersebut Kanit binmas berharap dengan pelaksanaan pemutakhiran Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) tersebut diharapkan dapat meningkatkan kwalitas pemutahiran data yang semakin baik dan program penanganan kemiskinan semakin tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan polemik di masyarakat dengan munculnya istilah bantuan tidak tepat sasaran.