26/11/2020

Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Borong Hadiri Rakorwil Petani Penggiat Tanaman Porang dan Imbau Patuhi Protokol Kesehatan

Sinjai – Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Borong Polres Sinjai Brigpol Danial Sartika Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong Kab.Sinjai menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Petani Penggiat Porang Nusantara (PPPN), Sulawesi Selatan, yang  dilaksanakan di Taman wisata Pattiro-Tiroang Dusun Balantieng Desa Bonto Tengnga Kecamatan Sinjai Borong Kab.Sinjai Sabtu (10/10/2020).

Rapat koordinasi ini dilaksanakan sebagai upaya pemerintah Desa Bonto Tengnga Kaswan Mahmud bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten dan pemerintah pusat untuk memperkenalkan sekaligus menarik minat masyarakat untuk menanam tanaman Porang. 

Mengingat tanaman Porang adalah salah satu komoditi tanaman ekspor yang bernilai tinggi saat ini.

Sehingga diharapkan dapat menjadikan Desa Bonto Tengnga sebagai salah satu daerah penghasil tanaman porang di Sulawesi Selatan khususnya di Kabupaten Sinjai.

Dalam rakor ini disampaikan pula tentang adanya bantuan modal dalam bentuk  KUR yang disediakan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pertanian bekerjama sama dengan BRI kepada petani yang membutuhkan modal untuk mengembangkan tanaman porangnya. Serta pembentukan pengurus Kelompok petani porang di Desa Bonto Tengnga.

Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Pembiayaaan Kementrian Pertanian RI, ibu Ir.Indah Megawati, MP, Wakil Ketua DPRD Prov.Sul Sel, Bapak H.Syahruddin Alrif, S.Ip.MM Wakil Bupati Sinjai, ibu Hj.A.Kartini Ottong, Sp, MSp, Ngakib Al-Gozali, Ketua umum Petani Penggiat Porang Nusantara (PPPN) bersama rombongan,Para kelompok tani penggiat tanaman Porang se-Kab.Sinjai,Para Kepala Desa se-Kab.Sinjai,Kades Bonto Tengnga, Kaswan Mahmud, Para Kadus se-Desa Bonto Tengnga serta tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Pemerintah Desa dan warga masyarakat mengucapkan apresiasi atas dukungan moril yang diberikan oleh Polri kepada masyarakat khususnya petani, untuk membudidayakan tanaman porang sebagai salah satu alternatif sumber mata pencaharian jangka panjang dalam menambah pendapatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Tak lupa pula Bhabinkamtibmas juga menghimbau masyarakat agar tetap selalu memakai masker dalam beraktifitas diluar rumah dan.mematuhi protokol kesehatan dalam pencegahan penularan Covid-19.