11/04/2021

Cuaca Perairan Ekstrem, Kapolsek Pulau Sembilan Polres Sinjai Imbau Nahkoda Kapal Hati-hati Berlayar

Sinjai –  Menindaklanjuti Himbauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) agar mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah perairan dalam sepekan ke depan, Kapolsek Pulau 9 Polres Sinjai  Iptu Sasmito SH memberikan himbauan kepada Masyarakat sekitar Pulau Kambuno. (04/04/2021)

Perubahan cuaca seperti yang diprediksikan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika tersebut sudah mulai dirasakan Masyarakat Pulau 9 sejak 5 hari yang lalu. Perubahan angin hingga kecepatan 30km/jam, 

Mengantisipasi hal tersebut Kapolsek Pulau 9 Iptu Sasmito SH memberikan himbauan kepada para nahkoda kapal penumpang yang akan melakukan perjalanan menuju kota Sinjai. Serta kepada para nelayan yang ada di sekitar Pulau Kambuno.

Himbauan yang wajib dilaksanakan bagi kapal penumpang agar Nahkoda kapal memperhatikan kapasitas penumpang sesuai ketentuan. Selain itu juga kelengkapan penumpang seperti pelampung juga harus tersedia sesuai jumpah penumpang. 

“Kami yakin dalam kondisi perubahan cuaca seperti ini para nahkoda sudah biasa menghadapi. Tetapi ketentuan kapasitas dan kelengkapan penumpang wajib dipatuhi”. Ujar Iptu Sasmito SH.

Kewasdaan dan kehati-hatian juga disampaikan kepada seluruh warga Pulau 9 yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan agar bisa membaca situasi untuk tidak terlalu jauh melakukan penangkapan ikan dan kegiatan lainya di laut.

Selain kewaspadaan menghadapi perubahan cuaca, Iptu Sasmito juga menyampaikan kepada masyarakat Pulau 9 dalam masa Pandemi Covid-19 agar tetap menjalankan protokol kesehatan dalam beraktivitas di sekitar lingkungannya.