01/10/2022

Kapolres Sinjai Hadiri Rapat Paripurna, Penyerahan Sekaligus Penyampaian Pandangan Umum Fraksi Fraksi DPRD Atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan APBD T.A.2022

Sinjai – Bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sinjai jl. Tanassang Kelurahan Alehanuae Kecamatan Sinjai Utara, Kabupaten Sinjai, Kapolres Sinjai yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Joko Sutrisno, SH menghadiri Rapat Paripurna dalam rangka penyerahan sekaligus penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD atas rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022. Senin (19/9/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, SH serta di ikuti oleh
Andi Seto Gadhista Asapa,SH.,LLM (Bupati Sinjai), Drs. Akbar Mu’ming, M.Si (Sekda Sinjai), Letkol Inf. Sumardi, S.E, M.Si (Dandim 1424/Sinjai), Alim,SH (Mewakil Ketua Pengadilan Negeri Sinjai Kasubag barang bukti), Andi eril parlan, S.H (Mewakili Kajari Sinjai Kasubag IT), Para Anggota DPRD Sinjai, Para Asisten, Staf Ahli, Kabag, Kepala OPD Kab. Sinjai, para asisten Sekdakab. Sinjai, dan para ketua komisi dan anggota DPRD Kab. Sinjai, serta secara virtual oleh para Kepala OPD, para camat, lurah dan kepala desa Se-kabupaten Sinjai.

Ketua DPRD Sinjai Jamaluddin, SH saat membuka kegiatan menyampaikan yang intinya bahwa disebutkan dalam peraturan DPRD Sinjai tata tertib fungsi anggaran DPRD diwujudkan dalam bentuk pembahasan untuk persetujuan bersama terhadap rancangan Perda tentang anggaran pendapatan daerah belanja.

“Pada tanggal 2 September 2022 Pemerintah daerah menyampaikan dokumen rancangan Perda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 yang kemudian di tindak lanjuti dengan rapat pada musyawarah DPRD. “Anggaran tahun 2022 dihadapkan dengan berbagai dinamika yang berpengaruh pada asumsi penerimaan pendapatan daerah maupun terhadap alokasi belanja hal ini menjadi salah satu alasan dilakukannya perubahan APBD.

“Melalui perubahan APBD ini akan mengakomodir seluruh perubahan kebijakan anggaran terhadap sejumlah program dan kegiatan pemerintah daerah dan sebelumnya tidak diperkirakan tapi memiliki urgensi untuk dilaksanakan tahun ini. Dan rapat paripurna ini merupakan awal dari seluruh tahapan pembahasan ke depan akan dilaksanakan oleh badan anggaran bersama tim anggaran pemerintah daerah untuk memperoleh rumusan rancangan perubahan APBD.

Sambutan Bupati Sinjai Andi Seto Gadhista Asapa, SH.,LLM yang menyampaikan bahwa penyerahan raperda perubahan APBD yang dilaksanakan pada hari ini merupakan salah satu agenda rutin daerah sebagai bagian dari tahapan sistem pengelolaan keuangan dalam rangka terlaksananya penatausahaan keuangan daerah secara optimal transparan dan akuntabel.

“Raperda perubahan APBD disusun berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku dan berlandaskan asas-asas penyelenggaraan pemerintahan yang baik perubahan APBD pada prinsipnya merupakan penyempurnaan dan perbaikan atas APBD tahun berjalan. “Selain itu perubahan APBD ini juga dimaksudkan untuk memitigasi dampak inflasi sebagai akibat dari kenaikan harga BBM sebagaimana yang diamanatkan dalam peraturan menteri keuangan nomor 134 PMK 07 2022 tentang belanja wajib dalam rangka penanganan dampak inflasi.

“Melalui kesempatan ini saya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota dewan yang terhormat atas kesediaannya menggagendakan sidang paripurna hari ini sebagai tahapan lanjutan dari rangkaian proses pembahasan rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD tahun 2022 untuk kemudian akan disetujui bersama dan ditetapkan menjadi peraturan daerah.

“Saya meyakini hal ini sebagai bentuk perhatian dan komitmen dewan yang terhormat untuk tetap bersama-sama dengan pemerintah daerah melaksanakan amanat rakyat dengan sepenuh hati guna mewujudkan tujuan kita bersama yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Sinjai yang kita cintai.

Raperda tentang perubahan APBD tahun anggaran 2022 telah disetujui oleh Fraksi-fraksi DPRD dan akan dilanjutkan pembahasanya.

Kegiatan Rapat paripurna DPRD berakhir pukul 14.30 Wita situasi aman dan kondusif.